JURNAL REFLEKSI MODUL 1.2

 Pada pembelajaran tentang nilai dan peran guru penggerak, saya mendapatkan pencerahan kembali terkait dengan apa itu nilai peran guru penggerak.  Nilai yang harus dimiliki oleh guru penggerak adalah berpihak pada murid, mandiri, inovatif, kolaboratif dan reflektif. Materi ini cukup memberikan "sentilan" pada saya bahwa selama ini, sebagai seorang guru, saya belum mampu memberikan pendidikan yang berpusat pada murid, serta hampir tidak pernah melakukan refleksi terhadap apa yang telah dilakukan. Kondisi tersebut mengakibatkan pengembangan proses pembelajaran yang saya lakukan menjadi monoton. 

Selain memahami nilai guru penggerak, disini juga mempelajari tentang peran guru penggerak. Peran yang harus dijalankan oleh guru penggerak adalah 1) menjadi pemimpin pembelajaran, 2) menggerakan komunitas praktisi, 3) menjadi coach bagi guru lain, 4) mendorong kolaborasi antar guru, dan 5) mewujudkan kepemimpinan murid. Selama mempelajari peran guru penggerak, saya berpikir bagaimana seorang guru penggerak harus mampu menjadi inisiator di minimal lingkungan sekolahnya. Inisiator untuk mendorong kolaborasi antar guru dan menggerakan komunitas praktisi. Setidaknya 2 hal tersebut membutuhkan nilai inovatif dan kolaboratif yang harus dimiliki oleh seorang guru.

Selama pembelajaran ini, rasa yang muncul adalah saya merasa tertarik dan optimis bahwa nilai dan peran guru penggerak jika sudah kita pahami serta kita implementasikan, maka  akan memudahkan dalam mencapai tujuan pendidikan nasional.

Pelajaran yang saya dapat dari materi ini adalah bahwa pada diri saya sudah ada beberapa nilai dan peran guru penggerak yang sudah dan sering saya lakukan. Nilai guru penggerak yang sudah saya miliki adalah Mandiri, Inovatif dan kolaboratif, namun masih harus terus memperbaiki diri untuk meningkatkan nilai berpihak pada murid dan nilai reflektif. Sedangkan peran guru penggerak yang saya pahami dan sudah saya miliki adalah menggerakn komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain dan mendorong kolaborasi antar guru. Saat ini saya masih merasa kurang perannya dalam menjadi pemimpin pembelajaran dan mewujudkan kepemimpinan murid.

Setelah mempelajari materi ini, hal mendasar yang harus saya lakukan bagaimana membuat sebuah pembelajaran  yang lebiih berpihak pada murid serta mewujudkan kepemimpinan murid.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBANGUN BUDAYA POSITIF DI SEKOLAH

Budaya Positif - Aksi Nyata Modul 1.4