Pembelajaran Berdiferensiasi - Koneksi Antar Materi Modul 2.1

 Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengedepankan pemenuhan kebutuhan siswa dalam belajar dan dilakukan secara terus-menerus. Pembelajaran diferensiasi sangat dapat dilakukan dalam kegiatan pembelajaran di kelas kita, dengan melihat kebutuhan siswa. Kebutuhan siswa yang dapat kita penuhi dengan melakukan pembelajaran diferensiasi adalah dengan melihat pada gaya belajar siswa, kesiapan belajar siswa, serta minat siswa.

Pembelajaran berdiferensiasi menjadi sangat penting untuk diterapkan jika kita melihat kembali pada filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara. Menrut Ki Hajar Dewantara, murid diibaratkan sebagai benih tanaman yang memiliki kodrat masing-masing. Guru diibaratkan sebagai petani yang harus membimbing agar benih tersebut dapat tumbuh dengan baik. Maka dari itu sebagai seorang guru, harus bisa melihat dan memperhatikan kebutuhan siswa dalam belajarnya sehingga dengan pembelajaran diferensiasi kebutuhan siswa ketika belajar akan terpenuhi yang mengakibatkan siswa tidak akan merasa tertekan ketika pembelajaran berlangsung.

Jika kita berkaca pada nilai guru penggerak, seorang calon guru penggerak tentu sudah memahami salah satu nilai guru penggerak adalah berpihak pada murid. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan salah satu bentuk dari pembelajaran yang berpihak pada murid. dengan pembelajaran berdiferensiasi, guru diarahkan untuk melihat apa yang dibutuhkan oleh murid, seperti apa gaya belajar mereka, apakah siswa akan tertarik dan menikmati hidangan (pembelajaran) yang kita sajikan atau tidak, dan pertanyaan-pertanyaan lain yang tentu harus kita pikirkan agar murid dapat menikmati dan menghayati alur pembelajaran yang kita sajikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBANGUN BUDAYA POSITIF DI SEKOLAH

JURNAL REFLEKSI MODUL 1.2

Budaya Positif - Aksi Nyata Modul 1.4